By The Time You Read This, I'll Be Dead oleh Julie Anne Peters

Judul: By The Time You Read This, I'll Be Dead
Penulis: Julie Anne Peters
Penerbit: Noura Books
Tebal: 332 halaman
Rating««««

Blurb
Hanya tersisa 23 hari untuk mewujudkan rencana Daelyn. Dia sudah memperhitungkan semuanya, mempersiapkannya dengan matang. Tak akan ada yang bisa menghalangi atau menghentikannya lagi. Tidak boleh. Kali ini dia harus berhasil. Dia harus mengakhiri semuanya, mengakhiri hidupnya.

Namun, muncul satu masalah. Ada cowok aneh yang selalu berusaha mendekati Daelyn. Meski diabaikan, cowok itu tak pernah menyerah. Tidak mungkin, kan, Daelyn membiarkan seseorang menyusup ke hatinya saat dia sudah siap pergi dari dunia ini?

Tidak saat semuanya sudah berjalan baik. Saat dirinya sudah yakin sepenuh hati untuk berjalan menuju cahaya.


Review

Saya beruntung tidak pernah dirundung seumur hidup saya. Teman-teman saya orang yang ramah dan baik, dan saya berusaha untuk menghormati mereka sebisa mungkin. Saya tahu perundungan (bullying) merupakan masalah yang sangat serius, dan Ms. Peters mengangkat tema bullying dengan mentah dan sangat autentik, menghasilkan buku By the Time You Read This, I'll Be Dead, sebuah memoar seorang gadis remaja yang dirundung yang benar-benar mencerahkan. 

Daelyn, seorang remaja berusia lima belas tahun, selalu dirundung karena berat badannya yang berlebih. Ia dirundung di sekolah, di kamp musim panas, dan ia merasa selalu sendirian karena kedua orang tuanya tidak pernah memahami Daelyn. Percobaan bunuh dirinya yang terakhir kali gagal dan membuatnya harus mengenakan pelindung leher. Satu hari, Daelyn menemukan sebuah situs Menembus-Cahaya, tempat orang-orang yang frustrasi akan kehidupan mereka untuk melakukan bunuh diri. Waktu yang Daelyn punya adalah 23 hari. Namun, ketika tekadnya sudah bulat untuk bunuh diri, ia bertemu dengan Santana, seorang cowok 17 tahun, yang membuat Daelyn sebal. Namun, rahasia Santana yang perlahan-lahan terkuak membuat Daelyn merasa bahwa 23 hari merupakan waktu yang sangat panjang untuk menembus cahaya. 

Ini pertama kalinya saya baca buku Ms. Peters, semenjak Luna yang sangat berani. Buku-buku Peters mengingatkan saya akan buku-buku Anderson, dengan tema yang gelap dan serius dan gaya bahasa yang indah.

Dibuka dengan sebuah prakata dari Rangga SM*SH yang bercerita mengenai masalah perundungan yang pernah ia alami, By the Time You Read This, membuka mata orang-orang betapa gentingnya masalah mengenai perundungan ini. Kata-kata mungkin tidak bisa membunuhmu secara langsung, tetapi kata-kata seperti pisau berkarat yang menusukmu berulang kali. Rasa sakitnya akan menyakitkan dan bertahan lama. 

By The Time Read This adalah buku yang sangat bagus. Kalian mungkin harus membacanya.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar